Jumat, 13 September 2019

Mengenal lebih dalam kegunaan Grinder Kopi


Bagi anda para orang yang pencinta kopi tentu sangat anti menyeduh kopi secara instan. Rasa cinta terhadap kopi ini akan anda tunjukkan dengan mempersiapkan sendiri secangkir kopi dari awal sampai akhir. Tentu Grinder kopi atau alat penggiling kopi berperan sangat penting dalam proses meracik kopi sendiri ini. Karena dengan grinder kopi anda dapat meracik kopi yang anda inginkan sesuai takaran sekera anda. Juga jika anda adalah seorang yang sudah sangat lihat dalam membuatnya seperti seorang barista. Tentu adanya grinder adalah hal wajib yang harus ada di rumah anda. Hal ini akan sangat memudahkan anda untuk membuat kopi racikan kapan saja. Karena anda tidak perlu harus ke kafe. Apalagi jika sebuah kafe belum tentu bisa buka pukul 6 dimana anda baru bangun tidur dan sangat membutuhkan sebuah cangkir kopi. Dari sini sekaki lagi ditegaskan betapa pentingnya grinder kopi bagi seorang pecinta kopi.

Dengan menggunakang Grinder Kopi anda akan memperoleh rasa kopi yang lebih otentik, dan menyesap kopi yang dihaluskan di dalam grinder kopi ini akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi anda yang seorang pecinta kopi. Memang seperti sebuah hobi, kecintaan pada kopi tidak dimiliki oleh semua orang. Dan tidak semua orang bisa merasakan nikmatnya kopi yang otentik. Bagi orang yang bukan seorang pecinta kopi, kadang kopi yang nikmat justru terasa pahit. Padahal sejatinya ada cita rasa luar biasa yang bisa ditemukan di dalamnya jika anda nenekuni dunia kopi. Tidak bisa hanya ditekuni. Semua harus di awali dengan mencintai dulu sebuah kopi. Dengan begitu anda akan bisa menemukan nikmatnya sebuah secangkir kopi yang diracik dengan grinder atau bahkan tangan racikan sendiri. Tapi tentu dengan grinder takaran kopi jadi lebih pas dan bubuk kopi bisa lebih dihaluskan. 

Ada beberapa jenis Grinder Kopi yang ada, diantaranya adalah grinder kopi manual dan grinder kopi elektrik. Dimulai dari grinder kopi manual, seperti namanya. Grinder kopi ini adalah grinder yang prosesnya masih manual dan menggunakan tangan secara langsung.  Dengan menggunakan grinder kopi manual ini, anda tentu memiliki kendali penuh dalam menentukan tingkat kehalusan kopi. Aroma kesegaran biji kopi pun juga bisa terus dirasakan selama proses penggilingan kopi yang anda racik masih berlangsung. Kemudian grinder kopi elektrik, dakam grinder kopi ini, teknik pengolahan biji tentu lebih praktis dan efektif. Tidak hanya mempersiapkan segelas kopi untuk sendiri, penggunaan grinder kopi elektrik memungkinkan andauntuk menyiapkan kopi dalam jumlah yang lebih banyak. Sangat cocok untuk dimiliki bila ada anggota keluarga lain yang juga penikmat kopi. Dan pada umumnya grinder ini digunakan oleh barista di kafe besar untuk mempercepat efisiensi yang ada dalam melayani pelanggan.

Sebenarnya masih banyak jenis grinder kopi lainnya. Namun dua grinder kopi tersebut sudah bisa mewakili penjabaran antara yang menyukai klasik atau tradisional atau mosernitas dalam membuat secangkir kopi. Dari sini ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam memilih grinder yang akan anda gunakan. Tentu anda harus mempertimbangkan tingkat kehalusan dan selera kopi anda. Jadi, apabila anda lebih suka menyeduh kopi dengan teknik frech press atau pour over, atur grinder kopi yang anda gunakan untuk menghasilkan bubuk kopi yang lebih kasar.  Teknik drip coffee lebih cocok diproses dengan bubuk kopi berukuran medium. Sementara untuk grinder kopi yang menghasilkan bubuk lebih halus, teknik penyeduhan yang tepat adalah siphon dan expresso.

Load disqus comments

0 komentar