Rabu, 24 Oktober 2018

Inilah Cara Memilih Sepatu yang Tepat untuk Kaki Anda


Sepatu tak hanya sebagai alas kaki yang bisa melindungi kaki dari berbagai hal yang mengganggu saja, tapi sepatu adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari pakaian. Karenanya memilih sepatu bisa menjadi hal yang membingungkan, sama seperti saat memilih pakaian. Yang jelas sepatu merupakan pelengkap pakaian yang dapat membuat penampilan sempurna. Beredar berbagai jenis dan merek sepatu di pasaran, anda harus bisa menemukan mana yang terbaik. 

Saat memilih sepatu yang terpenting adalah tepat atau pas di kaki anda. Atau dengan kata lain, kaki anda harus merasa nyaman ketika menggunakan sepatu anda. Apapun merk sepatu yang terbaik di dunia sekalipun, kalau tak nyaman dipakai akan percuma dibeli. Oleh karena itu, anda harus bijak dalam memilih merek dan kualitas. Berikut ini tips memilih sepatu yang tepat untuk kaki anda!

Kaos kaki
Ketika anda membeli sepasang sepatu, ingat untuk mencobanya dengan jenis kaos kaki yang akan anda kenakan. Anda bisa pergi berbelanja ke toko offline, lalu mencoba sepatu beserta kaos kaki dan gunakan untuk berjalan ataupun diam tegak.

Panjangnya
Sepatu anda harus kira-kira satu sentimeter lebih panjang dari kaki anda untuk memastikan jari-jari kaki anda memiliki ruang untuk bergerak dan untuk menghindari gesekan pada kaki dan sepatu. Ukur panjang telapak kaki dari tumit ke ujung jari kaki terpanjang anda. Lalu, ukur panjang sepatu juga.

Lebar
Sepatu harus nyaman di kaki anda pada titik terlebar untuk mencegah gesekan antara sepatu dan kaki anda. Jadi pastikan tidak ada titik-titik tekanan. Jika anda tidak bisa menggoyangkan jari-jari kaki anda, berarti sepatu terlalu ketat. Hindari memilih merek sepatu dengan lebar yang terlalu sempit untuk kaki anda.

Kedalaman
Bagian atas tidak boleh menekan bagian atas kaki anda, terutama di bagian ujung. Tekanan semacam ini dapat menyebabkan iritasi kulit, masalah kuku dan kram jari kaki. Kedalaman sepatu yang tepat adalah jika Anda bisa melenturkan kaki. Membeli merk sepatu lokal, anda akan menemukan kedalaman yang tepat dengan kaki anda.

Insole
Penting untuk memilih sol dalam atau sepatu dengan insole berbentuk anatomi yang mampu menopang kaki anda di tempat yang tepat. Sepatu dengan sol yang dapat dilepas sangat praktis, karena dapat dilepaskan untuk dimasukkan ke dalam sol anatomi, atau dapat dibuat lebih lebar untuk ruang pembengkakan kaki di siang hari.

Lapisan
Lapisan sepatu harus halus, dan bebas dari kerutan atau jahitan yang menonjol. Itu akan membantu anda menghindari iritasi atau kerusakan pada kulit kaki.

Bahan Atas
Apapun bahan di bagian atas sepatu, pastikan itu fleksibel dan tidak membatasi gerakan kaki. Penting juga untuk mempertimbangkan daya panas agar kaki anda tidak kegerahan dan menghasilkan bau saat terlalu lama menggunakan sepatu. 

Bagian bawah
Bahan sepatu harus ringan, tahan lama dan kuat. Di Indonesia banyak merek sepatu dengan bahan yang ringan, sehingga anda tidak mudah capek karena keberatan dengan bobot sepatu. Selain itu pilih sepatu yang memberikan perlindungan dari batu atau benda lain di tanah yang dapat melukai kaki anda.

Tali sepatu
Jika memungkinkan, pilih sepatu dengan tali, Velcro atau gesper, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tapi, biasanya tali sepatu dari merk sepatu berkualitas, talinya berbahan bagus dan bisa diandalkan.
Belilah sepatu lokal, mak anda akan menemukan banyak keuntungan dan kebaikan.

Load disqus comments

0 komentar