Jumat, 18 November 2016

Dampak Negatif bagi Pengguna Smartphone

Teknologi semakin berkembang pesat tanpa ada yang bisa menahan lajunya perkembangan teknologi. Inovasi yang dikembangkan oleh ilmuan dari telpon genggam monochrome menjadi smartphone yang bisa bermacam macam fungsi seperti nelpon, dengerin musing, meliat video, mengamera, browsing, main game, chatting, bahkan bisa video call, bahkan bisa transfer uang online. Dengan adanya smartphone pengguna dituntut pintar untuk bisa memanfaatkan smartphone canggih tersebut.

Walaupun smartphone mempunyai banyak kegunaan yang bermanfaat bagi penggunanya, tetapi smartphone juga mempunyai dampak yang positif atau bahkan dampak negatif jika penggunakan baik disadari penggunanya atau pun tanpa disadari.
Lagi Kumpul Tapi Pada Asyik dengan Smartphone Masing Masing. (Foto: icity.indosatooredoo.com)
Dampak positif yang dirasakan para pengguna smartphone pasti sudah dapat pada tau dan menurut saya tidak perlu untuk saya jelaskan lagi. Sedangkan dampak negatif bagi pengguna smartphone mungkin sebagain pengguna belum mengetahuinya. Oleh karena itu, silakan baca beberapa dampak negatif bagipengguna smartphone.

Meningkatkan Kebiasaan Buruk
Banyak kebiasaan buruk yang timbul bagi pengguna smartphone, terkadang para pengguna smartphone bersifat boros karena untuk bisa memaksimalkan smartphone perlu data atau kouta internet. Selain itu, pengguna smartphone juga mulai terbiasa dengan menyianyiakan waktu, dan banyak hal yang lain terkorbankan. Fakta di lapangan sudah banyak ditemukan, kebanyakan pengguna terlalu banyak membuang waktu hanya untuk facebook-an, bbm-an, twitter-an, dan sosmed yang lainnya.

Tidak Baik untuk Kesehatan
Radiasi yang ditimbulkan smartphone sangat berbahaya bagi kesehatan, dianjurkan tidak meletakkan smartphone di saku baju (dekat dengan dada) karena radiasinya bisanya menyebabkan kerusakan pada jantung. Dan jangan juga meletakkan dengan alat reproduksi karena bisa merusak organ – organ vital tersebut.

Sering Merasa Cemas
Banyak kecemasan yang ditimbulkan pengguna smartphone, seperti takut jika smartphone habis batrai sehingga tidak bisa lagi berkomunikasi dengan teman sosmed lain. Kecemasan yang lain bisa juga seperti kehabisan paket data untuk mengakses internet karena jika smartphone tidak bisa dipakai untuk internetan sama saja hapi biasa.

Mengurangi Jiwa Sosial
Banyak gerakan yang berbunyi “No Gatget” karena banyak moment penting yang hilang gara gara smartphone, seperti ketika janjian kumpul bersama teman teman sambil ngopi bareng yang terjadi malah asyik dengan smartphonenya masing masing, padahal yang dihadapan kita lebih mahal dari pada yang ada di dalam dunia maya. Ketika dulu kehadiran seseorang sangat berarti karena bisa memeluk bisa berbicara langsung detak jantung munkin berdetak cepat, dan suasanya pasti sangat beda dibandingkan dengan “video call” yang menurut sebagian orang bisa mengobati rasa rindu padah itu kurang tepat. Jiwa sosial seseorang mulai berkurang semenjak orang berpikir berkomunikasi kucup lewat handphone atau video call padahal kehadiran seseorang itu lebih peting.
Load disqus comments

0 komentar