Kamis, 20 Oktober 2016

Malam Ini Indonesia Dihiasi Fenomena Hujan Meteor "Orionid"

Hujan meteor "Orionid". (Foto: Caters News Agency)

Hujan meteor yang sangat menakjubkan akan dapat kita lihat dengan mata telanjang di Indonesia. Tidak usah berlama-lama, minggu ini hujan meteor ini akan menghiasi langit di Indonesia pada.

Hujan meteor tersebut adalah hujan meteor "Orionid". Nature World News menjelaskan bahwa hujan meteor "Orionid" adalah kejadian alam yang berasal dari puing-puing Comet 1p, yang populer dikenal dengan nama Komet Haley

Komet tersebut mengeluarkan puing-puing ketika sedang mengorbit dekat dengan matahari. Saat Bumi berputar mengelilingi puing-puing itu, maka sisa-sisa dari komet akan "berbenturan" dengan atmosfer Bumi sehingga terbakar.Kejadian ini akan menghasilkan meteor yang biasanya disebut bintang jatuh.

Hujan meteor "Orionid" puncaknya akan terjadi pada tanggal 21 Oktober 2016, kemungkinan akan ada 15 sampai 20 meteor per jam. Hujan meteor "Orionid" akan melaju dengan kecepatan kurang lebih 240.000 km/jam. Fenomena ini yang akan menjadikan semburan indah pada langit malam.

Di Indonesia hujan meteor "Orionid", puncak hujan meteor terjadi pada malam saat bulan pada fase bulan bungkuk. Jadi selain hujan meteor, langit juga didominasi oleh bulan yang bercahaya. Info Astronomy menjelaskan, untuk melihat fenomena itu, mata kita perlu beradaptasi dengan gelapnya malam dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Jika Anda khawatir tidak bisa melihat hujan meteor malam ini, tidak usah khawatir. Sebab meteor melesat 30 derajat dari titik radiannya, dan pancarannya berhamburan ke segala arah. Jadi jika Anda memang tidak dapat melihat, itu artinya langit sedang mendung, polusi cahaya, atau cahaya bulan terlalu terang.

Semoga bermanfaat. (sumber: merdeka.com)
Load disqus comments

0 komentar